Artikel Agama Hindu, Ajaran atau Pelajaran Tentang Agama Hindu

Manusia Pertama

Menurut kepercayaan Hindu, manusia pertama adalah Swayambu Manu, yang muncul dengan sendirinya dari Dewa Brahma.

Brahma Purana, menyatakan :
“Untuk melanjutkan Penciptaan, Brahma memberi bentuk kepada seorang Pria dan Wanita. Pria itu Swayambhu Manu dan Perempuan itu bernama Shatrupa. ” Dewa Brahma meminta untuk mengatur atau mendirikan kekuasaan mereka di Planet Bumi. Manusia adalah keturunan dari Manu, itulah alasan mereka dikenal sebagai Manava

Swayambhu Manu dan Shatarupa melahirkan putra yang bernama : Priyavarata dan Uttanapada, dan putri yang bernama Devahuti dan Akuti. Kedua anak putra itu menikah dengan putri Rsi (putri-putri dari Tujuh Rsi / Sapta Rsi, salah satu Prajapati atau fasilitator penciptaan yang diciptakan oleh Dewa Brahma), sementara dua putri Manu menikah dengan Manas-Putras yang lain (Manasa Putra is mind-born-son of Lord Brahma, putra atau putri yang diciptakan oleh kehendak atau fikiran Brahma).
Anak Uttanapada adalah Dhruva yang agung.

Bhagavad-gita 4.1
Kepribadian Tuhan Yang Maha Esa, Sri Krsna, bersabda; Aku telah mengajarkan ilmu pengetahuan yoga ini yang tidak dapat dimusnahkan kepada dewa matahari , vivasvan, kemudian vivasvan mengajarkan ilmu pengetahuan ini kepada Manu, ayah manusia, kemudian Manu mengajarkan ilmu pengetahuan itu kepada iksvaku.

Bhagavad-gita 10.6
Tujuh resi yang mulia, dan sebelum mereka empat resi lainnya serta para Manu [leluhur manusia], berasal dari-Ku. Mereka dilahirkan dari pikiran-Ku, dan semua makhluk hidup yang menghuni berbagai planet adalah keturunan dari mereka.

Manas artinya berfikir. Kata “Man” dalam Bahasa Inggris berasal dari kata Manu. Kata “Manusia” berarti keturunan Manu. Kata Nuh atau Noah juga berasal dari kata Manu.

Kalau tentang “banjir besar” itu berhubungan dengan Vaivasvata Manu dan jelas bahwa Manu ini adalah yang ke-7, jadi sebelumnya telah ada Manu-Manu yang lain.

Jadi sampai saat ini kita berada pada generasi Vaivasvata Manu, atau manu yang ke 7. Jadi di dunia ini menurut Hindu sudah tercipta 7 jenis manusia pertama yang pada akhirnya melakukan perkawinan silang dan menghasilkan banyak ras-ras manusia yang berbeda.

Sebagaimana disebutkan dalam Bhagavata Purana 3.13.14 -16 bahwasanya di dalam 1 Kalpa, akan tercipta 14 generasi manusia (Manu). Masing-masing dari ke-14 manu tersebut adalah;
1.    Swayambhu Manu
2.    Swarochisha Manu
3.    Auttami Manu
4.    Támasa Manu
5.    Raivata Manu
6.    Chakshusha Manu
7.    Vaivasvata Manu
8.    Savarni Manu
9.    Daksa Savarni Manu
10.    Brahma Savarni Manu
11.    Dharma Savarni Manu
12.    Rudra Savarni Manu
13.    Raucya / Deva Savarni Manu
14.    Bhauta / Indra Savarni Manu

Demikianlah manusia pertama menurut Hindu.


Ilustrasi : Vaivasvata Manu dan Matsya Avatar
menjelang banjir besar

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: