Artikel Agama Hindu, Ajaran atau Pelajaran Tentang Agama Hindu

  1. Max Muller: Veda akan terus dikagumi dan dihargai selama samudera dan gunung masih ada di atas bumi.
  2. Ralph Waldo Emerson: Veda memuliakan hidup kita. Seluruh filsafat dan ilmu pengetahuan Barat tampak kecil dan tak berarti di hadapan Veda. Seluruh manusia di bumi ini harus kembali ke Veda.
  3. Pall Thema: Veda adalah dokumen mulia, dokumen yang tidak saja bernilai dan menjadi kebanggaan India tetapi bagi seluruh umat manusia, karena di dalamnya kita melihat manusia berupaya untuk mengangkat dirinya di atas keberadaan dunia ini.
  4. Arthur Schoupenhour: Ini meyakinkan orang banyak bahwa Veda adalah abadi dan tidak dapat dijawab oleh manusia dan bahwa Veda berasal dari Brahman, yang adalah penciptanya.
  5. Prof. Heeren: Veda berdiri tegak sendirian dalam kemegahannya sebagai mercusuar cahaya suci bagi gerak maju kemanusiaan.
  6. Lord Morley: Apa yang ditemukan dalam Veda, tidak ada di tempat lain.
  7. Leo Tolstoy: Agama Veda tidak hanya agama yang tertua tapi juga agama yang paling sempurna. Ia menempati posisi pertama dan yang paling utama di antara agama-agama dunia.
  8. Gerald Heard mengatakan, ”Vedanta sangat ilmiah tentang – hukum-hukum yang mengatur alam semesta.”
  9. Dr. Kenneth Walker yang menyanjung kebijaksanaan Veda dan mengatakan, ”Vedanta merupakan suatu usaha untuk meringkas seluruh pengetahuan manusia dan membuat manfaat seluruh pengalaman manusia. Pada suatu saat ia adalah agama, pada saat lainnya filsafat dan saat lainnya lagi ilmu pengetahuan.” Dengan kata lain 3 pilar ilmu pengetahuan dunia, terdapat di dalam kitab suci Hindu (Veda) yaitu ontologi, epistemologi dan aksiologi.
  10. Sarvepalli Radhakrishnan: Setelah musim dingin selama beberapa abad, kita sekarang berada pada periode kreatif dari agama Hindu. Kita mulai melihat pada agama kita yang telah berusia berabad-abad dengan pandangan mata segar.
  11. Albert Enstein: Ketika saya membaca Bhagavad Gita lalu merenungkan tentang bagaimana Tuhan menciptakan jagat raya ini, segala hal lain terasa begitu tidak bermakna.
  12. Dr. Arnold Joseph Toynbee: “Sekarang telah menjadi jelas bahwa satu bab yang memiliki awal Barat akan seharusnya memiliki satu akhir India bila dia tidak ingin berakhir dalam penghancuran diri sendiri dari ras manusia. Pada saat yang amat sangat berbahaya dari sejarah manusia, satu-satunya jalan keselamatan adalah jalan kuno Hindu. Di sini kita memiliki sikap dan semangat yang dapat membuat mungkin bagi ras manusia untuk tumbuh bersama dalam satu keluarga tunggal. Jadi sekarang kita berpaling ke India : hadiah spiritual ini, yang membuat manusia (memiliki) kemanusian (that make a man human), masih tetap hidup dalam jiwa-jiwa India. Teruslah memberikan hal ini pada dunia. Tidak ada apapun yang lain yang dapat memberikan demikian banyak untuk membantu ras manusia (mankind) menyelamatkan dirinya dari penghancuran.” (Sejarawan Inggris 1889 – 1975).

Sumber : vedasastra.com

Penghormatan terhadap Agama Hindu

Wilhelm von Humboldt (1767-1835) adalah menteri pendidikan Prusia,
Humboldt kuliah di Akademi Berlin tentang Pengetahuan pada Gita. Dia menemukan “nenek moyang rohani” dirinya dalam Bhagavad Gita. Apa yang menarik baginya adalah orisinalitas dan kesederhanaannya.
http://canangsari.net/2012/02/penghormatan-wilhelm-von-humboldt-kepada-agama-hindu/

Will Durant (1885-1981) sejarawan Amerika.
India adalah tanah air dari ras kita, dan Sanskerta adalah ibu bahasa Eropa: ia adalah ibu dari filosofi kita; ibu, melalui orang-orang Arab, untuk sebagian besar matematika kita; ibu, melalui Buddha, cita-cita yang terkandung dalam agama Kristen; ibu, melalui komunitas negeri, untuk pemerintahan sendiri dan demokrasi. India dalam banyak hal adalah ibu dari kita semua.
http://canangsari.net/2012/02/penghormatan-will-durant-kepada-hindu/

Professor Kakuzo Okakura (1862-1913), seorang filsuf Jepang.
India telah membawa dan menyebarkan data dari kemajuan intelektual untuk seluruh dunia, sejak periode sebelum Buddha ketika India menghasilkan filsafat Sankhya dan teori atom; abad ke lima, ketika matematika dan ilmu perbintangannya menemukan perkembangannya pada Arya Bhatta.
http://canangsari.net/2012/02/penghormatan-professor-kakuzo-okakura-kepada-agama-hindu/

Hu Shih (1891-1962) adalah seorang filsuf Republik Tiongkok
India menaklukkan dan mendominasi China secara kultural selama 20 abad tanpa pernah mengirim seorang prajurit melintasi perbatasannya.
http://canangsari.net/2012/02/penghormatan-hu-shih-kepada-agama-hindu/

Victor Cousin (1792-1867) adalah filsuf Perancis terkemuka.
Ketika kita membaca dengan perhatian monumen puitis dan filosofis dari Timur – di atas semua, orang-orang dari India, yang mulai menyebar di Eropa – kita menemukan ada banyak kebenaran, dan kebenaran begitu mendalam, … filosofi Timur, untuk melihat tempat lahir umat manusia tanah air filosofi tertinggi.
http://canangsari.net/2012/02/penghormatan-victor-cousin-kepada-agama-hindu/

28 Alasan Stephen Knapp Memilih Menganut Veda
Stephen Knapp mantan Yahudi berkebangsaan Amerika:

1. Apa yang diajarkan oleh agama Hindu? Peradaban Veda atau agama Hindu modern, adalah satu cara hidup. Ia bukanlah satu ras manusia atau sekedar agama atau keyakinan sektarian. Ia tidak menjadi milik satu ras atau negeri tertentu. Ia adalah satu jalan yang mendukung satu aturan tingkah laku (code of conduct) yang menghargai kedamaian dan kebahagiaan dan keadilan bagi semua orang.
2. Hindu adalah peradaban tertua di dunia yang tetap hidup.
3. Veda adalah kitab suci yang tertua dan paling lengkap.
4. Veda mempunyai filsafat spiritual yang paling maju dan paling sempurna.
5. Veda memberikan lebih banyak informasi mengenai ilmu pengetahuan tentang kehidupan sesudah mati, karma dan reinkarnasi.
6. Filosofi Veda menawarkan pemahaman paling lengkap mengenai Tuhan dan dimensi spiritual.
7. Hindu dan Veda memiliki banyak sabda dan perintah langsung dari Tuhan.
8. Veda menawarkan bentuk-bentuk Tuhan yang paling indah dan penuh kasih sayang.
9. Peradaban Veda memiliki guru-guru spiritual terbesar yang dapat anda temukan.
10. Veda menawarkan jalan yang paling langsung kepada realisasi dan pencerahan spiritual pribadi.
11. Karena Hindu adalah satu jalan yang paling ekspresif, ia juga adalah yang paling memenuhi secara emosional.
12. Hindu, menawarkan satu jalan hidup ilmiah, dari diet, gaya hidup, jadwal harian, dll.
13. Siapapun dalam posisi apapun dapat menjadi seorang Hindu dan mempraktekan dan mendapat manfaat dari pengajaran Veda.
14. Jalan Veda memandang semua agama sebagai benar, atau bagian dari kebenaran yang satu, dan jalan bagi keselamatan.
15. Hindu, tidak menghadirkan Tuhan sebagai Tuhannya orang Hindu, dst..
16. Inilah sebabnya mengapa orang-orang Hindu, pengikut dari jalan Veda, dapat hidup damai dengan orang-orang dari agama lain.
17. Agama Hindu tidak mempunyai konsep jihad, perang suci, perang salib, atau kesyahidan.
18. Pengikut filosofi Veda tidak menjadikan orang lain sebagai target konversi.
19. Agama Hindu menerima bahwa setiap orang mempunyai hak untuk memilih jalan mereka sendiri menuju pencerahan atau keselamatan.
20. Agama Hindu menawarkan satu Tuhan dan kesadaran universal, jauh melampaui sekedar tradisi lokal.
21. Agama Hindu mendorong kita semua melihat Tuhan dalam semua makhluk.
22. Di dalam Hindu anda dapat mengajukan semua pertanyaan yang anda inginkan tanpa dianggap murtad atau orang yang ragu.
23. Agama Hindu adalah peradaban satu miliar dollar.
24. Veda menawarkan jalan termudah untuk kembali kepada Tuhan.
25. Agama Hindu mengajarkan kesadaran universal daripada kesadaran yang berpusat pada diri sendiri.
26. Agama Hindu mengembangkan kepedulian yang sungguh-sungguh terhadap orang lain.
27. Dengan atau tanpa institusi, agama Hindu menunjukkan dan menyatakan bahwa semua orang mempunyai hubungan pribadi dengan Tuhan.
28. Agama Hindu, membukan pintu makna kehidupan yang sebenarnya.

Stephen Knapp and his books on Spiritual Enlightenment and Vedic Culture

————————————-

“Bilamana saya telah membaca bagian-bagian Veda, saya merasa bahwa sebuah cahaya yang aneh dan tidak diketahui menyinari saya. Dengan ajaran yang hebat dari Veda, tanpa ada sentuhan dari sektarian. Ia adalah segala zaman, iklim dan kebangsaan dan adalah jalan yang megah menuju pencapaian dari Pengetahuan Terbaik. Ketika saya membacanya, saya merasa bahwa saya berada di bawah surga yeng berkelap-kelip dari sebuah malam musim panas.”
(source: The Hindu Mind: Fundamentals of Hindu Religion and Philosophy for All Ages – Oleh Bansi Pandit B & V Enterprises 1996. Hal. 307).
————————————-

“Apa yang dikutip dari Veda telah saya baca dan bagi saya seperti cahaya dari  seorang bintang yang lebih tinggi dan lebih murni, yang mendeskripsikan jalan yang agung melalui lapisan yang murni. Ia terbit bagi saya seperti bulan penuh setelah bintang-bintang keluar, menyeberang melalui sebuah lapisan di langit.”
(sumber: Commentaries on the Vedas, The Upanishads & the Bhagavad Gita – By Sri Chinmoy Aum Publications. 1996. Hal. 26).
————————————-
“Di dunia barat, tidak ada sastra Timur yang lebih sering dikutip daripada Bhagvad-gita, sebab Bhagavad-gita-lah yang paling dicintai”.
Dr. Geddes MacGregor, Emeritus Distinguished Professor of Philosophy, University of Southern California, A.S.
————————————-

“Berdasarkan penelitian terbaru ke terhadap sejarah dan kronologi kitab Perjanjian lama, kita menyimpulkan bahwa Rig Veda sebagai buku tertua, tidak hanya dari kemanusiaan Arya tapi seluruh dunia.”
Rev. Morris Phillip
————————————-
“Umat Manusia bersama-sama dengan semua ilmu sains harus berasal dari atap dunia, yaitu Himalaya”
Immanuel Kant (German philosopher)
————————————-
“Bagaimana mungkin orang-orang Hindu bisa mengetahui ini semua pada 6.000 tahun yang lalu, dimana para ilmuwan hanya menemukannya baru-baru ini menggunakan peralatan canggih yang tidak ada pada waktu itu? Konsep-konsep tersebut hanya ditemukan baru-baru ini”
Dr. Kevin Hurley of the University of California at Berkeley
————————————-
“Pengetahuan kami terkini dari sistem saraf cocok dan akurat dengan deskripsi internal tubuh manusia yang terdapat dalam Veda. Kemudian muncul pertanyaan apakah Weda adalah benar-benar buku agama atau buku-buku tentang anatomi sistem saraf dan kedokteran. “
Rele (Jewish writer)
————————————-
“Saya percaya bahwa Hindu adalah terlalu berharga bagi kemanusiaan, dan buku suci India berisi terlalu banyak pengetahuan berharga dan unik yang tidak akan terlupakan. Ini keyakinan saya yang mendalam bahwa tanpa India dunia akan tenggelam dalam kegelapan rohani dan kebodohan. “
Alexander Zinovieu (Russian sociologist)
————————————-

“Mereka adalah astronom Hindu yang sangat maju saat 6000 SM. Veda berisi penjelasan tentang dimensi Bumi, Matahari, Bulan, Planet dan Galaksi “
Emmelien Plumret
————————————-
“Tidak perlu diragukan lagi bahwa para imam dari Mesir dan orang bijak Yunani telah diambil langsung dari sumur asli dari India.”
Friedrich Mejer (English statesman)
————————————-
“… Sistem astronomi Hindu yang jauh lebih tua, dari mana orang Mesir, Yunani, Roma dan -. Bahkan pengetahuan orang-orang Yahudi berasal dari Hindu”
Jean Sylvian Belly, French astronomer
————————————-
“Akses ke Veda adalah hak istimewa terbesar abad ini dapat mengklaim atas semua abad sebelumnya.”
Julius Robert Openheimer, American Nuclear Physicist
————————————-
“Kita semua telah mendengar dan membaca tentang agama kuno di India. Ini adalah tanah Veda yang agung, karya-karya paling luar biasa tidak hanya berisi cita-cita agama untuk kehidupan yang sempurna, tetapi juga fakta-fakta yang semua ilmu pengetahuan sejak itu terbukti benar; Listrik, Radium, Elektron, Airships, semua tampaknya harus diketahui oleh pelihat yang menemukan Veda “
Mrs Wheeler Willax
————————————-
“Fakta yang mengagumkan. Wahyu Hindu (Veda) adalah dari semua wahyu, satu-satunya yang gagasannya adalah dalam keselarasan sempurna dengan ilmu pengetahuan modern. “
Joccolliot, the famous writer of the West

————————————-
“Hindu adalah satu-satunya agama di mana skala waktu sesuai bagi kosmologi ilmiah modern. Literatur Hindu adalah hasil pekerjaan Genius “
Dr Steinn Sigurdsson, Pennsylvania State University
————————————-
“Tampaknya bahwa para penulis Veda dan Purana datang dari masa depan untuk memberikan pengetahuan. Karya-karya orang bijak Arya Kuno adalah pemikiran yang luar biasa.
Tidak ada keraguan bahwa Purana dan Veda adalah wahyu Tuhan “
Scott Sandford, Ilmuwan Antariksa, NASA
————————————-
“Setelah studi empat puluh tahun dan lebih dari agama-agama besar dunia..
Saya menemukan ada begitu sempurna, tidak ada yang lebih ilmiah, tidak ada yang lebih filosofis dan tidak ada yang lebih spiritual daripada agama besar yang dikenal dengan nama Hindu. “
Annie Wood Beasant, British theosophical society
————————————-

Demikianlah kutipan pujian beberapa pendapat tokoh / ilmuwan dunia terhadap Kitab Suci Weda, India, Agama Hindu.

Comments on: "Pendapat Pengakuan Penghormatan Tokoh Dunia Terhadap Agama Hindu" (10)

  1. bangga telah mengikuti jalan dharma

  2. Om Swaastyastu….ajaran Hindu telah menuntun kita menuju jalan yang terbaik. Om Santi..Santi…Santi…Om

  3. Hindu Dharma agama ku. Lahir di Hindu dan Mati pun aku akan tetap di Agama Hindu.
    Hindu Dharma.

  4. tyang press this semeton

  5. ocxelroads2009 said:

    Astungkara….aku bahagia sekali telah terlahit menjadi hindu Om shanti shanti ahanti Om.

  6. Saya bangga menjadi Hindu, yang telah menuntun saya untuk sadar akan jati diri, siapa saya dan untuk apa saya ada disini, dan kemana tujuan saya nanti, semoga ajaran dharma selalu memberikan pencerahan kepada umat manusia dibumi.

  7. sangat bangga menjadi hindu apalagi setelah membaca media hindu dgn bukunya “hindu menjawab” dan perbandingan ” veda – injil”

  8. astungkare saudaraku semua ,langkah kita selanjutnya adalah mari brlomba lomba membuat kebaikan sebanyak banyaknya…bantu orang lain dengan tenga fikiran dan materi jika ada….

  9. Agamaku ini menuntun jiwaku, memberi kesadaran pembimbing rohaniku
    aku sadar segala apapun dimuka bumi telah diatur oleh Tuhan/Hyang Widhi dan kusadari segala sesuatunya telah diatur tanpa ku sadari oleh karmaku sendiri, inilah yang membedakanmanusia yang satu dengan yang lainnya karena tanpa pengendalian diri dengan kesadaran.
    Oh Hyang Widhi aku selalu memohon bimbinganmu

  10. Sandikala Kliwon said:

    Dalam sejarah kita menyaksikan penyebaran agama dilakukan dengan penyerbuan dan penaklukan (disebut membebaskan dari keyakinan yang salah ), penghancuran rumah-rumah ibadah, pembunuhan terhadap orang-orang yang berkeyakinan lain. Peristiswa yang menyedihkan ini sedikit atau banyak dipicu oleh aktivitas missi dan dakwah yang terlalu agresif.

    Agama Hindu tidak pernah berupaya mengkonversikan orang kedalam agamanya. Sifatnya adalah seperti bunga yang indah. “ Silahkan lihat, jika itu bagus menurut Anda, silahkan cium harumnya”. Makanya dimana pada waktu Siddartha Gautama (Budha) menyebarkan agama di India tidak ada samasekali tekanan dari orang Hindu malah pada zaman itu hidup berdampingan.

    Metode penyiaran yang disebutkan oleh Mahatma Gandhi sesuai sekali dengan konsep Hindu yang disebut “ Telaga yang Bening”. Umat Hindu harus menjaga kolamnya tetap bersih dan bening. Siapa saja boleh datang ke kolam itu untuk mendapat kesejukan kalau itu dilakukan secara tulus. Dengan strategi dan konsep diatas umat hindu dapat melakukan penyebaran Dharma secara aktif tetapi tidak agresif.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: